Respect to the People’s Model of the world

Dalam Komunikasi, Banyak orang yang memilih-milih dalam sebuah hubungan atau dalam sebuah komunikasi, seperti dia hanya ingin berkomunikasi dengan orang yang hanya satu suku saja, dan ada juga yang hanya ingin berkomunikasi hanya dengan orang yang memiliki Pendidikan yang tinggi saja, dan lebih parah lagi! Ada orang yang hanya ingin berkomunikasi dengan orang yang menurut dia selevel, contoh hanya mau berkomunikasi dengan yang sesame kaya, sesame hoby (hoby motor gede, hoby mincing dll).

Tidak hanya contoh diatas saja yang sering menjadi sebuah hambatan manusia dalam berkomunikasi. Terkadang ada beberapa tipe orang yang kurang percaya diri, dia tidak terbiasa ngobrol atau berbicara dengan orang yang menurutnya lebih kaya, dan tidak terbiasa ngobrol atau berkomunikasi dengan orang yang menurut persepsinya lebih pintar atau cerdas atau hal yang lebih tinggi kemampuanya menurut persepsinya.

Jadi jika kita berkomunikasi dengan orang lain masih melihat-lihat sesuatu tentang siapa dia dan dari mana dia, maka kita belum menyadari bahwa ini adalah hal yang penting dalam berkomunikasi, karena kita harus menghormati orang lain dan respek dengan apapun yang dimilikinya.

Karena bisa jadi persepsi kita berbeda dengan orang lain, orang yang kita lihat keras atau kasar bisa jadi dia justru lemah lembut, orang menilai jika orang timur itu keras itu tak terbukti, dan tidak semua, ada sahbat saya dari timur walaupun terlihat mukanya sangat seram, namun hatinya sangat baik sekali.

jadi kita harus menyadari bahwa semua manusia itu sama. warna kulit hanya sebatas perbedaan kecil yang memang Tuhan ciptakan untuk itu, dan pada intinya dalam sebuah komunikasi harus sama dan saling menghargai satu sama lain, tanpa memandang perbedaan.

Sekarang Anda sudah semakin memahami bahwa dalam sebuah komunikasi dilarang keras untuk memilih-milih dengan siapa Anda berkomunikasi. Yuk kita berkomunikasi dengan semua makhluk hidup dan saling respek satu sama lain.



Tinggalkan Balasan