Plan Your Goals

Halo sobat onenun.com
saya yakin sahabat semua sehat dan bahagia selalu ya…
sob, 2019 sudah berlalu dan sekarang kita sudah berada ditahun 2020, secara tidak langsung pada saat 2019 sebagian besar dari kita pasti punya mimpi dan harapan untuk tahun 2020 yang selalu bermuara kepada hal yang lebih baik untuk diri kita. seperti contoh, kita ingin di tahun 2020 punya rumah baru, punya mobil baru, punya usaha baru, dll.
nah untuk mewujudkan itu pasti kita memulainya dengan niat yang baik untuk sebuah tujuan, ya bisa dibilang kalau setiap kita berdoa pasti kita sebut keinginan kita itu. baik secara langsung atau tidak.
dan tidak hanya sampai disitu sob, selain kita mulai dengan niat yang kuat dan di dampingi dengan Do’a kepada Sang Pencipta, kita harus mulai memikirkan suatu hal yaitu gimana caranya kita bisa mewujudkan apa yang kita impikan. misal, kita ingin membuka usaha gimana caranya kita bisa mewujudkan itu? dari mana modalnya? dimana tempatnya? dan hal-hal lain yang di butuhkan. atau contoh lain, kalau kita seorang pelajar/mahasiswa kita ingin lulus di bulan mei hal apa yang perlu dipersiapkan untuk lulus? gimana caranya untuk lulus? apa persyaratanya untuk lulus? dan lain-lain apa yang menunjang untuk tujuan kita.
karena saya teringat dengan sebuah kata yang saya dapat ketika pelatihan “A goal without a plan is just a wish”, “Tujuan tanpa Rencana hanya Harapan”, maka jangan sampai tujuan kita mimpi kita hanya menjadi sebuah harapan semata tanpa ada realita yang kita dapat.
sob untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita agar menjadi sebuah kenyataan sebenarnya kita butuh 3 hal yang harus kita siapkan dalam diri kita,
1. Komitmen
kita harus komitmen pada diri kita sendiri dengan tujuan kita, misal, kita ingin membangun sebuah usaha perlu kita buatkan sebuah timeline untuk mewujudkan itu. kapan mulainya? lalu seberapa besar jangkauan usaha kita dan lain sebagainya.
2. Konsisten
Setelah kita memiliki komitmen dalam diri kita untuk satu hal, maka tugas kita harus konsisten untuk menjalankan apa yang sudah direncanakan (sesuai dengan komitmen). Inget sob, konsisten itu terus menerus apapun yang terjadi. Konsisten dengan tujuan, agar tujuan tetap berada pada jalurnya.
3. Konsekuensi
dan jika kita sudah konsisten menjalankan apa yang sudah kita rencanakan, maka kita harus siap menanggung konsekwensi yang terjadi, baik itu hal yang sesuai dengan harapan kita, atau tidak sesuai dengan target kita. namun jika kita melakukanya dengan sungguh-sungguh menjalankan semua dengan baik maka kemungkinan besar hasilnya pun baik sesuai rencana, namun jika kita kurang semangat dalam menjalankanya dan hanya berleha-leha, maka jangan heran jika hasilnya kurang baik.
dan sekarang sobat onenun.com sudah memahaminya kan kalau kita perlu melakukan dengan baik agar hasil yang kita dapat selalu baik, dan selalu yakinlah bahwa yang kita lakukan akan membawa hasil yang baik pula. yuk rencanakan tujuanmu dan lakukan dengan senang hati!



Tinggalkan Balasan