Melupakan Itu Mudah

Halo sobat onenun.com
Apa Kabar? semoga sobat onenun.com sehat dan bahagia selalu dimanapun berada….
agar selalu bisa seperti matahari yang terus bersinar walau awan menutupi (efek musim hujan) hehehe…

bulan lalu saya ditanya oleh seorang sahabat saya dari pulau sebelah, dia bertanya tentang bagaimana agar bisa melupakan seseorang?
seketika saya balik bertanya, yakin ingin melupakan semua tentang dia? dan sebagian besar pasti akan menjawab “IYA” jika ditanya tentang hal ini dalam kondisi emosi kesal kepada orang itu. 
begitulah manusia kebanyakan jika sudah merasa sakit hati langsung aja pengen melupakan. Padahal dari sekian pengalaman dengan seseorang (biasanya sih orang yang dulu dicintai) kan ada juga pengalaman yang baik dan berharga sebagai pembelajaran. contoh, kita pernah mengunjungi tempat yang baru kita kunjungi, mencoba menu makan yang baru kita makan, atau mendampingi wisuda walaupun tak jadi dengan dia. eeeeaaaa…. tapi ya itulah manusia. ya sudahlah…. 

Oke sob kita kembali kepada hal lupa-melupakan, sob, pernah ga sih sobat ketemu sama orang yang bilang susah ngelupain sesuatu? 
Padahal urusan lupa itu sebenernya adalah hal alamiah. dan bahkan sering banget kita lakukan. yuk mulai kita eksplor, kita inget-inget masa kita SMP dulu pelajaran matematika bahas apa aja sih? pasti sebagian besar kita lupa… hehehe bener kan?. Nah itu gampang kan melupakan sesuatu, bahkan banyak hal yang sering sekali kita lupain tiap hari.
yuk kita contohkan, ketika kita mau bepergian terus buru-buru tiba-tiba dijalan inget charger ketinggalan, atau apa yang tertinggal. atau contoh lain, booking hotel di salah satu aplikasi online kita lupa ngecek kembali buat tanggal berapa kita booking yang efeknya hanguslah bookingannya. dan satu contoh lain sudah mendaftar keikutsertaan ujian bahasa namun lupa tanggal pelaksanaanya? berarti lupa itu gampang kan!. Bahkan banyak hal yang kita lupain setiap hari. Bayangkan gimana kalau kita ingat semua hal dalam hidup kita? bisa stress kita hehehe…. Ya pokoknya ngelupain itu gampang. titik.

Saya pernah membaca sebuah tulisan, dan bisa jadi ada diantara sobat sekalian yang sudah membacanya. “Cara paling mudah untuk melupakan sesuatu atau seseorang adalah bukan dengan berusaha untuk tidak mengingat sesuatu atau seseorang tersebut, melainkan dengan mengingat sesuatu atau seseorang lainnya.” Mudahkan?

Sementara sobat melakukan hal diatas, dan sebelumnya sobat juga bisa melakukan salah satu teknik yang akan saya jabarkan sebentar lagi. Sederhana, mudah, namun sangat powerful. Saya tahu, sobat onenun semakin ingin mengetahuinya. Baiklah, saya akan jelaskan dan itu membuat sobat onenun mudah sekali paham dan melakukannya.

Yuk kita mulai, sobat onenun bisa melakukan ini dalam posisi apapun yg menurut sobat paling nyaman. Duduk boleh, tiduran juga boleh kalau memang itu yang paling nyaman buat sobat onenun. Setelah itu bayangkan sosok orang itu (yang ingin dilupakan) dengan jelas. Boleh sambil tutup mata, atau buka mata mana lebih mudah buat sobat membayangkanya. Perhatikan gambar apa yang muncul dalam bayangan anda. Apakah bergerak atau diam? bagaimana warnanya, apakah berwarna atau hitam putih? terang atau redup? apakah ada suara-suara? jika ada, apakah jelas atau sayup-sayup? Apakah juga tercium bau juga? jika ada, apakah kuat baunya atau hanya tercium sedikit? (untuk bau dan suara biasanya bisa menggunakan skala 1-10). Kemudian lakukan ini, jika gambarnya tadi jelas dan berwarna serta bergerak (seperti film), ubah menjadi gambar diam (seperti foto), lalu ubah warnanya menjadi hitam putih pucat. Jadi sekarang berbentuk foto yang warna hitam putih kabur. jika tadi ada suara dan baunya, turunkan skalanya, misal kalau tadi skalanya di 9 turunkan menjadi skala 1 atau 0 sekalian. Setelah itu dalam bayangan anda, foto itu silahkan  diremas menjadi seperti bola kertas (ingat, hanya dibayangkan saja). Setelah jadi bola kertas, bayangkan anda lihat disebalah kiri anda ada tempat sampah yang baunya busuk, bahkan anda bisa mencium bau busuknya sangat kuat. Lalu buang bola kertas tadi kedalam tempat sampah yang berbau busuk tersebut. Tutup tempat sampahnya. Kemudian masih dalam imajinasi anda, tendang tempat sampah itu sejauh-jauhnya, bahkan anda bisa membayangkan tempat sampah itu jauh masuk kedalam jurang atau ke laut sampai gak kelihatan lagi. Setelah itu buka mata (jika tadi melakukannya sambil terpejam). Dan jangan heran jika setelah itu anda sudah melupakannya dan bahkan menjadi malas untuk mengingatnya kembali. 

dan sekarang Sobat onenun mulai bisa melakukanya sendiri dan akan mudah dalam mengaplikasikanya. selamat melakukan. 



Tinggalkan Balasan