Kitalah Penyebabnya!

Terkadang kita sering menyalahkan terhadapa kejadian yang terjadi atau menimpa diri kita, dan tanpa disadari ketika mendapat sebuah musibah tersebut kita sering kali mencari kambing hitam atau sering kita mencari penyebab eksternal dalam kehidupan kita.

dan saya beri contoh, ada seorang mahasiswa yang pada awalnya dia sangat rajin dalam belajar dan dalam mengikuti perkuliahan, selama dia berada dikampus itu mahasiswa itu sering mendapat nilai yang memuaskan, namun di akhir masa kuliahnya mahasiswa tersebut mendapatkan seorang sahabat yang mana sahabat itu dia menganggapnya sejoli, dan spirit belajar mahasiswa yang semangat tadi sudah mulai menurun dengan seringnya dia bergaul dengan sahabatnya tadi, tidak lama kemudian mahasiswa rajin ini ujian akhir dan keluarlah hasil dari ujian akhirnya, tidak disangka apa yang terjadi? si mahasiswa ini mendapatkan nilai terburuknya dalam kuliah selama ini, lalu mahasiswa rajin ini menyalahkan sahabatnya karena sebelum mengenalnya dia tidak pernah mendapat nilai yang buruk, dan setelah mengenal sahabatnya barulah nilainya anjlok alias terjun payung.

apa makna yang bisa kita ambil dari cerita ini? harusnya sebagai seorang mahasiswa tidak boleh menyalahkan sahabatnya atas anjloknya nilai yang dia dapat, harusnya Mahasiswa inilah penyebab dari anjloknya nilai yang ia dapat, karena harusnya dia bisa mengkondisikan keadaan melalui pikiranya yang sehingga dia bisa mencegah ketika dia ingin menghabiskan waktunya untuk tidak belajar, dan akhirnya nilai mahasiswa tersebut akan aman-aman saja. dari sini dapat kita simpulkan bahwa kitalah penyebab dari kesuksesan kita dan ketidak suksesan kita, jadi yuk sukses…



Tinggalkan Balasan