Investasi Emosi

Kita semua senang dipuji, dan tentu kita juga tidak suka di cela, dan inilah yang terjadi didalam komunikasi kita sehari-hari dalam kehidupan sosial kita, dan apalagi dalam media sosial yang sering terjadi adalah saling menghina, mencela, tanpa sering memuji orang lain. namun yang kadang kita dengar dari orang lain adalah kejelekan-kejelekan kita. Rasanya adil juga sih, karena kadang kitapun juga melakukan itu kepada orang lain.
Sob, ni saya bocorkan sedikit rahasia bahwa senjata manusia itu ada 4 hal, yang pertama, thinking (pikiran), feeling (perasaan), Speaking (ucapan), Behaving (Prilaku). nah pada kesempatan ini kita hanya membahas tentang feeling atau perasaan. kenapa harus perasaan yang dibahas? dan apa hubunganya sama investasi?.
Feeling (perasaan) merupakan hal penting yang perlu kita perhatikan, dengan maraknya kata BAPER di kalangan masyarakat, maka kita perlu menjaga perasaan dan mampu memberi makna baru jika mendapatkan ucapan yang tidak menyenangkan, hal ini dilakukan agar tidak mudah marah dan tidak ada rasa dendam terhadap orang lain.
Maka rahasia termudahnya adalah, sering-seringlah hargai orang lain dengan memberi pujian, maka itu bagian dari investasi emosi, kenapa bisa begitu? iya jelas bisa, karena ketika seseorang selalu memuji dan berkata-kata baik kepada orang lain maka akan berefek juga terhadap dirinya, orang lain pun akan berusaha berkata baik bahkan memujinya.
dan bayangkan kalau kita berbicara selalu mencela orang dan berkata kasar, pasti perasaan orang yang kita ajak berkomunikasi akan menilai kita orang yang kasar, dan tidak sedikit orang lain akan kesal kepada kita. hal ini tidak jauh berbeda dengan investasi emosi, atau dalam salah satu ilmu yang diajarkan oleh Stephen R. Covey adalah “Tabungan Bank Emosi”, maka perlu kita menabung emosi-emosi baik terhadap orang-orang sekitar, yang nantinya akan berefek baik juga kepada kita dari orang-orang sekitar.
dan sekarang kita tahu bahwa emosi bisa kita investasikan, khususnya emosi baik, agar kita merasa selalu mendapatkan tanggapan baik dari orang lain, dan perasaan kita akan selalu baik, yaitu dengan cara investasikan emosi kita dengan cara memuji orang. dan sekarang coba tanya diri kita, Seberapa sering kita puji orang lain ? dari pagi sampai saat ini berapa orang yang sudah anda puji?. dan jika belum yuk mulai kita lakukan!


Tinggalkan Balasan