INSPIRASI AKHIR TAHUN

Hai Sobat one nun…
Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019 ya. Nah sobat, mimin mau nanya dong. Apakah target 2019 yang sudah kalian rancang semua tercapai? Atau masih ada beberapa yang belum teralisasikan?

Oke sobat, klo semua terget kalian sudah tercapai, congratz…tandanya kamu berhasil. Eits…bukan berarti yang belum tercapai tandanya sobat belum berhasil ya :-D. Nah di akhir tahun ini sebenenya paling tepat untuk akumulasi or itung-itungan semua kejadian yang sudah menimpa diri kita selama setahun.

Ada pepatah bilang, “Kita tidak akan bisa maju sebelum merelakan yang dulu” alias harus move on #eaa. Eh…tunggu dulu, ini agak beda kasusnya sob. Kalau masih ada target di tahun 2019 ini yang sobat one nun belum capai, nggak ada salahnya kok ditulis atau dijadikan target kembali di tahun 2020. Asalkan memang masih pantes dijadikan target. Catatanya, temen-temen harus belajar dari pengalaman alias dievaluasi.
Ada beberapa poin yang harus dihighlight kalau ngomongin masalah evaluasi. Yuk kita bahas…

1. Lawan Zona Nyaman
Setuju nggak sobat, kalau zona nyaman kadang sering buat kita mudah menyerah. Padahal kita tau, kalau target mau kecapai, kita harus selalu mencoba dan mau bergerak alias keluar dari zona nyaman. Inget loh sob, kalau kamu nyari yang nyaman itu bukan target, karena setiap target pasti punya resiko, dan setiap resiko harus dihadapi oleh kualitas diri. So, jangan pernah berhenti untuk mencari hal menantang yang positif agar kualitas diri terus meningkat.

2. Ubah Kebiasaan
Kata siapa kalau udah kebiasaan nggak bisa ditinggalkan? Sebenernya sobar sudah tau loh kebiasaan mana yang kurang baik. Tapi kok masih dijalani dan terulang terus. Inget sob, kalau yang nggak ada manfaatnya masih kamu lakuin, kamu nggak akan bisa dapetin target briliant yang udah kamu susun. Tunggu apalagi? Inget loh…kebiasaanmu adalah ritme aktivitasmu.

3. Atur Waktu
Sob… Memang bener, sikap toleran itu baik. Tapi kalau sobat suka banget ngasih toleran waktu sama diri sendiri, itu nggak baik loh. Bentar-bentar “ntar deh, masih sebulan ini,” mau ngerjain sesuatu “ah..besok aja deh,” dll. Ketika waktu yang tersisa masih banyak, banyak juga toleransi yang diberikan, padahal klo waktu udah terlewati, nggak kan bisa kembali. Inget sob betapa mahal dan berharganya waktu.

4. Percayalah dengan Kemampuan Diri
Nah, yang terakhir itu yang penting kalian percaya sob. Pro kontra itu udah biasa dalam kehidupan. Yang terpenting, seberapa besar rasa percaya diri yang kita punya. Kalau kamu sudah mengenal diri sendiri dengan baik, pastinya udah tau masukkan atau saran mana yang dibutuhkan untuk diri kita lebih baik. Jangan biarkan orang lain atau lingkungan punya pengaruh besar dalam dirimu. Tetap fokus dan yakin pada dirimu dalam mewujudkan tujuanmu. Apabila orang terdekat kurang mendukungmu, yang kamu bisa lakukan adalah membuktikannya.
Kamu bisa lebih dari apa yang kamu percayai sekarang!

Well done! Sekarang sobat udah siap dong susun target untuk 366 hari kedepan di tahun 2020.



Tinggalkan Balasan