Find Your Self

Akhir-akhir ini dikalangan milenial banyak di anatara mereka merasa belum ketemu dengan jati dirinya, bahkan di antara mereka bilang “gimana sih biar pas dengan diri gue”, “gue belum ketemu ni jati diri gue”, dan ada banyak lagi pertanyaan-pertanyaan anak remaja yang belum menemukan jati diri mereka.

Agar Anda bisa melakukan segala aktivitas Anda sehari-hari dengan baik, cara termudahnya Anda harus kenali diri Anda terlebih dahulu, gimana karakter Anda, sifat Anda, watak Anda dan

lain sebagainya tentang diri Anda.

Lalu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara mudah mengenali diri Anda, agar Anda bisa memahami tentang diri Anda dan pada akhirnya Anda akan menjadi lebih baik. Langkah pertama Anda harus lakukan adalah;

  1. Intropeksi diri

Intropeksi diri sangat penting untuk diri kita, dalam ilmu pemberdayaan hal ini sangat di anjurkan agar kita semakin mengenal diri kita, cara mudah untuk kita mengintropeksi diri kita adalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang memberdayakan untuk diri kita, sehingga kita menjawabnya dengan sadar dan untuk menyadarkan diri kita.

Dan contoh pertanyaanya, seperti :

  1. Sudah berapa lama Anda hidup?
  2. Sudah berapa banyak perbuatan baik selama Anda hidup?
  3. Sudah berapa banyak perbuatan buruk selama Anda hidup?
  4. Sudah berapa banyak Anda membuat orang lain senang/Bahagia?
  5. Sudah berapa banyak Anda membuat orang lain kesal/kecewa?
  6. Apakah Anda ingin terus menjalankan kehidupan seperti ini?
  7. Apakah Anda ingin selalu menunda kesuksesan Anda dengan menunda-nunda tugas Anda?
  8. Dan silahkan Anda kembangkan pertanyaan lain sesuai kebutuhan Anda!

Dan setelah Anda intropeksi diri secara sadar untuk menyadarkan diri Anda dalam bertindak dan melakukan aktivitas sehari-hari, maka langkah berikutnya adalah.

  1. Tentukan tujuan

Cara termudah setelah intropeksi diri adalah menentukan tujuan, dan langkah termudah untuk menentukan tujuan mulailah dengan selftalk, Apa tuh selftalk? Berbicara sendiri? Ga kaya orang gila kan? Hehee

Selftalk emang berbicara sendiri, namun maksud dari selftalk ini adalah berbicara pada diri Anda sendiri, Anda mulai bisa mengajak diri Anda untuk memiliki tujuan hidup, dan Anda bisa mengarahkan diri Anda untuk melakukan apa yang sesuai dengan tujuan hidup Anda. Mari kita contohkan :

  1. Apa tujuan hidup Anda?
  2. Apa yang Anda prioritaskan untuk menggapai tujuan Anda?
  3. Seberapa lama Anda mencapai tujuan Anda?
  4. Katakan saja impian Anda! Saya ingin punya usaha di tahun 2022.
  5. Katakana yang baik dan positif pada diri Anda apapun yang Anda inginkan.

Kenapa harus mengatakan yang baik dan positif untuk diri Anda? Karena dalam otak akan merespon apa yang Anda katakana kepada diri Anda, dan bahkan dia akan mencarikan jalan baru agar semua yang Anda inginkan terwujud, sehingga jati diri yang Anda inginkan akan Anda temukan sesuai dengan keinginan Anda.

Karena dengan mengetahui apa tujuan hidup Anda maka Anda akan memantaskan diri Anda untuk kesesuaian dalam berproses mewujudkan apa yang Anda tuju dan apa yang Anda inginkan, sehingga otak Anda mampu mengcontrol apapun yang Anda ingin lakukan dan menjadi pengingat jika Anda sudah mulai keluar jalur yang akan Anda tuju.

Mari kita contohkan, jika Anda ingin menjadi seorang guru, lalu apa yang Anda lakukan sehari-sehari tidak mencerminkan bahwa Anda seorang guru, lalu apa pendapat orang lain tentang Anda? Nah pasti dalam otak Anda merasa ada yang aneh jika tidak sesuai dengan tujuan Anda.

Dari sini perlunya kita selalu mengintropeksi diri kita dan kita tentukan langkah kita dengan selftalk dan berikutnya yang harus Anda lakukan adalah

  1. Do The Best

Lakukan yang terbaik dalam setiap aktivitas Anda, dan ini sebagai bukti bahwa Anda sudah mulai mengenali jati diri Anda, ketika Anda melakukan sesuatu dengan kondisi sadar dan apa yang Anda lakukan itu baik dan sesuai norma dan tujuan hidup Anda maka lakukan dengan baik, agar orang-orang yang berada dalam lingkaran aktivitas Anda merasakan bahwa Anda cocok dengan apa yang Anda bidangi, mereka pun akan menilai Anda bahwa Anda orang baik dan memiliki karakter baik dan kepribadian Anda juga baik.

Ketika Anda merasa dan mulai kurang semangat dan bahkan mulai jenuh ulangi dari langkah pertama dengan intropeksi diri, dan kemudian lanjut kepada langkah kedua dengan selftalk dan menentukan tujuan dan kembali di langkah ini untuk kembali melakukan yang terbaik dalam aktivitas Anda.

Dan sekarang Anda mulai menyadari bahwa menentukan jati diri Anda sangat mudah dan bahkan sekarang Anda mulai tersenyum dan mulai bertekad akan memperbaiki diri Anda untuk selalu berada dijalan yang baik dan selalu berbuat baik dalam kehidupan yang di jalani.



Tinggalkan Balasan