Cara Mudah Mengambil Keputusan

Halo sobat One Nun, semoga Anda semua Selalu Sehat dan dilancarkan dalam segala aktivitas.

Sob, kita semua sering sekali dihadapkan dengan yang namanya Keputusan, memang tidak mudah buat kita untuk mengambil keputusan itu sendiri, apalagi jika ditemani oleh kondisi yang genting, pasti kita akan merasa tertekan dengan kondisi itu dan seakan-akan kitalah yang menjadi penentu keputusan itu, dan kita merasa takut dan khawatir disalahkan ketika kita memutuskan perkara tersebut.

Perubahan yang terjadi  juga sangat cepat, sehingga dibutuhkan keahlian yang mampu mengantisipasi tiap detak perubahan itu. Apalagi jika sobat sekalian menjadi orang yang berpengaruh dalam organisasi atau perusahaan, pasti anda merasa tidak mudah jika anda sebagai penentu dalam pengambil keputusan itu.

Pengambilan keputusan bukan hanya untuk urusan yang besar saja, sadar atau tidak sebenarnya setiap hari keputusan itu sudah bersahabat dengan manusia, contoh anda memutuskan membaca tulisan ini bagian dari keputusan yang anda ambil, atau anda memutuskan hari ini berangkat bekerja, atau hari ini lembur atau bolos bekerja itu bagian dari keputusan. Dan berarti sebenarnya mengambil keputusan itu sangat mudah.

Untuk memudahkan sobat semua dalam mengambil keputusan dalam menyeleseikan problematika yang anda alami, saya akan memberi TIPS cara mudah mengambil keputusan :

  • Rilex dalam memutuskan.
    Terkadang terburu-buru adalah jebakan dalam mengambil suatu keputusan, dan sering ketika mengambil keputusan dengan terburu-buru, menyesal akhirnya. Maka cara termudahnya pikirkan dengan rilex ketika anda memutuskan.
  • Berdiskusilah dengan orang lain.
    Cara yang kedua, sambal anda rilex dalam mengambil keputusan, manfaatkanlah untuk berdiskusi dengan tim Anda dan bahkan berdiskusilah dengan atasan atau teman anda, yang manfaatnya anda tidak memandang hanya dari sudut pandang anda akan tetapi bisa melihat dari sudut pandang orang lain, dan kita bisa mempertimbangkanya untuk memutuskan sesuatu. Dan jika keputusan yang anda ambil nantinya kurang tepat, maka anda pun tidak merasa bersalah atas keputusan yang di ambil, karena sudah berdasarkan diskusi dengan orang sekitar anda.
  • Gunakan data bukan rasa.
    Tidak sedikit orang memutuskan menggunakan rasa, bahkan mereka merasa feelingnya sangat kuat dan benar, dan pada kenyataanya apa yang dirasa belum tentu benar, maka perlunya data untuk menunjang keputusan kita. Apa masalahnya berapa jumlahnya, dan intinya gunakan data untuk memutuskan.
  • Yakin dengan keputusan Anda
    Setelah anda banyak masukan dari orang-orang sekitar anda dan didukung oleh data-data yang anda miliki, maka sekaranglah saatnya anda untuk memutuskan. Karena keputusan anda sangat penting untuk menunjang satu tujuan yang akan dicapai, maka Putuskanlah.

    Dan sekarang setelah anda mengetahui cara-cara mudah untuk memutuskan sesuatu, sekaranglah anda bisa mengambil keputusan dengan tepat dan mudah. Karena mengambil keputusan lebih baik dari pada tidak ada keputusan. Mudah kan!!!



Tinggalkan Balasan