BIJAK MENGHADAPI KRITIK

Hai Sobat OneNun!  Semoga sobat oneNun bahagia dan sehat selalu!

Pernah nggak sih sobat menerima kritik dari orang lain? Pasti pernah kan? Mulai dari kritik biasa aja sampai yang buat sobat galau memikirkannya. Padahal sobat, sadar atau tidak, sebenarnya kritik itulah yang membuat kita terus berkembang. Namanya juga manusia, bukanlah makhluk sempurna. Terkadang kita sudah berusaha melakukan yang terbaik, tetep aja pro dan kontra pasti ada. Jangan merasa sedih apalagi sampe ngebenci orang gara – gara suatu kritik. Karena, bisa dikatakan kritikan itu adalah bentuk perhatian atau kepedulian loh 🙂

Ditulisan kali ini mimin mau kasih tips tentang bagaimana cara merespon kritik dengan bijak,

  1. Bersyukur dan berterima kasih

Awali dengan rasa syukur jika sobat mendapat kritik dari orang. Mungkin ini cara Tuhan memperingatkan sobat untuk menjadi pribadi yang selalu evaluasi diri untuk terus jadi lebih baik. Dan lagi, sobat harus berterima kasih kepada orang tersebut, apapun perkataannya, itu adalah bentuk perhatian dan kepeduliannya.

  1. Hormati pandangan setiap orang

Banyak orang yang marah atau nggak suka ketika mereka mendapat kritikan. Karena pada umumnya orang memberi kritik itu hanya di satu sisi saja yang intinya adalah tentang kekurangan. Lantas, apakah orang itu salah telah mengkritik di satu sisi itu? Tentu saja tidak. Setiap orang berhak menilai dari sudut pandang masing2 – masing. Ingat sobat, manusia itu makhluk yang unik jadi kita harus hormati setiap pandangan orang yang berbeda – beda.

  1. Bedakan orang kritis dan jujur

Terlepas dari kedua poin diatas, sobat harus berhati – hati ketika menanggapi kritikan seseorang. Karena sobat akan dihadapkan dengan orang yang berkata jujur alias kritiknya membangun dan sebaliknya ada orang yang berniat menjatuhkan. So, sobat harus pinter untuk menyaring mana yang harus dipertimbangkan atau diabaikan.

  1. Tindak lanjuti kitikan

Asumsikan bahwa kritikan adalah hal yang bisa membuat sobat menjadi lebih baik. Jadi, sudah sepantasnya jika sobat harus meluangkan waktu untuk menindak lanjuti suatu kritikan. Dengan catatan, sobat harus sudah menyaring mana yang dapat meningkatkan kualitas diri dan mana yang cukup dianggap angin lalu saja. Intinya, kalau sobat merasa ada sesuatu yang baik di kritikan itu, lakukanlah perubahan dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.

Gimana sobat? Sudah lebih siap kan untu merespon dengan bijak suatu kritikan. Karena kritikan harus kita hadapi, bukan kita hindari.

“Kritik Adalah Rasa Perhatian Orang Lain Untuk Kemajuan Kita”



2 Komentar

Tinggalkan Balasan