BERSAHABATLAH DENGAN EMOSI!

Halo sobat OneNun! Semoga Sobat OneNun semua Bahagia dan sehat selalu!

Kehidupan kita selalu berinteraksi dengan orang lain, bahkan kita tidak bisa tidak membutuhkan orang lain, pasti dalam segala hal kita butuh orang lain baik itu disengaja atau tidak disengaja, dan dalam membutuhkan bantuan orang lain kita selalu berkomunikasi dengan orang lain.

Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain atau bahkan kita meminta bantuan tidak semua yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang kita inginkan, bahkan lebih parah kejadian itu membuat kita kesal dan bisa meluapkan emosi kemarahan sampai tak terbendung.

Bahanya Ketika emosi kemarahan sudah meluap maka filter yang ada di otaknya akan terbuka, dia tidak perduli itu benar atau salah yang penting menguntungkan buatnya dan sesuai dengan kepentinganya, maka yang dilakukan akan bermacam-macam, dan jika mendapat masukan dari orang yang salah luapan emosinya akan lebih meledak.

Mari kita contohkan, ada seseorang yang bercerita kepada sahabatnya bahwa hidupnya selalu tertekan dengan kondisi yang dialaminya dari perusahaan tempat dia bekerja, dia menceritakan semua keluh kesahnya kepada sahabatnya, dan sahabatnya berkata “atasan kamu yang selalu bikin kesal?”, kemudian orang itu menjawab “iya”, sahabat tadi dengan santai dia bilang “kalau gue jadi elu ni, orang kaya atasan lu mah gw kerjain bisa gw habisin bahkan gw bisa ledakin mobilnya biar mati bareng sama mobilnye”, dan seketika orang itu punya ide jahat kepada atasanya karena saking tertekanya.

Melihat dari contoh diatas secara tidak sadar sahabat ini memberi sugesti yang negative kepada orang itu, karena Ketika dalam kondisi emosi RAS atau filter dalam otak manusia akan terbuka tidak lagi memfilter sesuatu yang didapatkan dari luar, dan ini berlaku untuk semua kondisi emosi, bisa emosi kemarahan, Bahagia, senang dan lain sebagainya. Karena orang Ketika dalam kondisi senang pun akan mudah dipengaruhi, contoh sering terjadi Ketika menandatangani kontrak perjanjian kemungkinan besar di tempat hiburan atau restaurant dll.

Karena kita sudah menyadari bahwa emosi bisa membuat kita tidak sadar dan mudah sekali terpengaruh baik itu positive atau negative, maka agar kita terhindar dari hal-hal yang bisa mempengaruhi Ketika emosi cara termudahnya agar kita selalu selamat dan aman. Yuk mari kita bahas yang pertama adalah:

  1. Sabar

Ketika menghadapi sesuatu yang tidak sesuai dengan kit acara termudahnya agar kita tidak langsung naik pitam adalah SABAR, itulah kenapa di agama diajarkan manusia agar selalu bersabar, agar tidak langsung terjadi sesuatu kekerasan satu sama lain. Maka pentingnya proses sabar dalam hidup kita biar kita bisa berpikir sejenak untuk mengambill keputusan.

  1. Sadar

Cara berikutnya Ketika kita sudah bersabar kita harus masuk keproses kedua yaitu proses sadar, kita harus menyadari bahwa semua hal yang menyangkut dengan orang lain tidak bisa 100% sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan kita juga harus sadar bahwa kita hanya bisa mengupayakan apa yang bisa kita kendalikan atau yang berada dibawah kendali kita, ap aitu? Kita bisa mengendalikan diri kita.

  1. Reframing

Setelah kita bersabar dan menyadari bahwa tidak semua yang diluar diri kita bisa di kendalikan, maka cara ketiga adalah beri makna baru pada kejadian yang terjadi dalam diri, atau bisa melihat pada sudut pandang orang lain, contoh tidak semua hujan menjadi kendala buat kita, tapi ada orang yang justru senang dengan hujan seperti tukang jas hujan dll.

Sekarang teman-teman sudah mulai memahami bahwa mengendalikan emosi itu sangat mudah dan bahkan sering teman-teman lakukan, dan memangg awalnya tidak mudah untuk anda praktekkan namun perlahan akan menjadi sangat mudah jika sering dilatih.

“Jika Anda Tidak Bisa Mengendalikan Sesuatu diluar wewenang Anda, Maka Kendalikanlah diri Anda!”



Tinggalkan Balasan