Andalah Penguasa!

Sadarkah bahwa kita masih sering memposisikan diri kita sebagai “korban” dan menyalahkan pihak lain atas apa yang terjadi dan menjadi apa diri kita saat ini. Seperti contoh, pola asuh, pengaruh lingkungan, salah pergaulan, dan lain sebagainya, dan sering kali menjadi kambing hitam atas sesuatu yang terjadi.
Dan sekarang anda mulai tersenyum sendiri karena seperti itu yang terjadi pada diri kita kan? Atau kadang kita sering mendengar dan melihat orang lain seperti itu kan?
Saya teringat ketika masa kecil saya yang sering sekali di ingatkan oleh orang tua “jangan main sama dia, nanti kebawa pergaulanya”, saya sadar itu bagian dari perhatian orang tua saya terhadap anak. Atau sering juga temen-temen yang sering menasehati anaknya seperti, “jangan bergaul dengan anak yang bandel, nanti kamu jadi ikut-ikutan bandel”, jadi apakah pergaulan kita dibatasin? Dengan demikian seolah-olah kita tidak punya kuasa untuk menentukan apa yang akan kita lakukan. Tidak selalu merasa jadi korban atas setiap kejadian yang di alami.
Padahal kita adalah raja untuk diri kita, dan kita punya kuasa bebas untuk memilih. Sekarang saya ajak anda kepada perspektif yang berbeda. Sementara orang-orang diluar sana mengatakan bahwa jangan bergaul dengan orang-orang gak bener nanti kita jadi gak bener. Saya justru akan bilang bahwa saya mau bergaul dengan orang-orang yang gak bener biar nanti gara-gara saya main dengan mereka, mereka jadi orang bener semuanya hehehe. bisa aja kan kita berpikir demikian? dan tidak menempatkan diri kita menjadi korban. Bahkan bukan hanya tidak menjadi korban, malah menempatkan diri saya menjadi agen perubahan. 
Akan merasa lebih keren kan? kenapa bisa begitu? ya karena saya memutuskan begitu. Jadi maksudnya, bisa saja masa lalu mempengaruhi hingga kita menjadi seperti sekarang ini. Dan syukurnya adalah kita pun mulai menyadarinya sekarang. Dan sekarang pun kita bisa menentukan akan menjadi apa dimasa yang akan datang kan? Dan kita mampu merespon segala sesuatu yang terjadi. 
Dan saat ini tentu saja Anda sudah mulai tahu apa yang seharusnya anda lakukan SEKARANG! 


Tinggalkan Balasan