30 detik Pertama yang Mengesankan

Hallo sobat onenun.com, setelah kita membaca pentingnya kesan pertama, kali ini kita akan beri sebuah TIPS tentang apa saja yang harus di lakukan agar kesan pertama anda bertemu orang lain dipersepsikan mengesankan;

  1. Orang yang berpenampilan menarik akan mendapatkan perhatian lebih banyak.
    Pasti ketika anda melihat orang dengan penampilan menarik anda meras terkesan dengan orang itu? Yaa… karena mau tidak mau Tuhan berikan kita mata sebagai panca indra untuk melihat dan menilai, maka tidak salah jika ada sebuah istilah “dari mata turun ke hati”.
    Jadi perlunya memperbaiki penampilan, apa aja yang harus diperhatikan? Terutama dalam 30 detik pertama ketika bertemu orang baru agar terlihat mengesankan;

    • Hair Style/ hijab Style (wanita berhijab)
    Kalau kita sering mendengar bahwa rambut adalah mahkota kita, maka gaya rambut kita harus rapi, bahkan banyak beberapa orang menghabiskan ratusan ribu bahkan jutaan hanya untuk rambutnya. Dan saran dari kami untuk laki-laki manfaatkan keajaiban pomade atau minyak rambut untuk menghias rambut anda agar terlihat elegan. Dan perempuan sering-seringlah melakukan perawaan rambut dan memberi vitamin agar mudah di rapikan sehari-hari.
    Lalu sering sekali ada pertanyaan, bagaimana dengan wanita berhijab?
    Ouh ini sangat mudah, karena dia selalu tampil dengan hijabnya, maka hijabnya pun harus terlihat rapi dan stylis, maka orang lain pun akan terkesan ketika melihat anda, saya contohkan ada seseorang yang saya sayang dia menemukan trik atau rumus jitu dalam penggunaan hijabnya, dia memanfaatkan jarum pentul, ada yang menggunakan 2 jarum, 3 jarum, dan 5 jarum pentul, dan hasilnya berbeda-beda dan sangat indah dilihat. Dan banyak orang yang terkesan dengan gaya hijabnya. Atau cara lain anda bisa memanfaatkan tutorial di youtube atau instagram ternama. Dan ini membuat orang lain terkesan kepada anda dengan gaya hijab anda yang menarik.
    Jadi mulailah perhatikan apa yang terjadi di kepala anda, baik itu gaya rambut atau tatanannya, atau gaya berhijab anda karena memang seringkali pertama kali yang dilihat orang adalah bagian rambut atau hijab yang dikenakan. 

    • Perhatikan bau badan
    Pernahkah anda disuatu tempat yang ramai anda mencium bau badan atau ketiak seseorang? Dan apa yang anda rasakan? Lalu apa respon anda? Pasti anda merasa tidak nyaman kan? Dan anda juga tidak enak kan mau berteriak siapa nih yang bau ketek (bau badan)?
    Udah-udah dari pada anda mulai nyium-nyium bau badan sendiri, yuk kita bahas solusinya. Untuk masalah bau badan pasti masing-masing kita selalu punya merek deodoran andalan untuk mengatasinya, atau zaman kecil saya ada bedak fenomenal yang bermerek MBK (bukan endors ya! Hehe) atau usaha-usaha lain mengaasinya pakai tawas, mandi kembang, dan atau mandi menyan. Hehe.
    Dan perlu diingat, anda tidak harus wangi dengan parfum, yang terpenting anda tidak bau. Dan anda boleh menambahkan minyak wangi atau parfum dengan catatan tidak terlalu menyengat, dan orang lain tidak terganggu dengan anda.
    Dengan menjaga bau badan, Bearti anda akan terkesan bersih dan merawat diri dengan baik.

    • Clothes
    Setelah rambut harus rapi dan bau badan anda tidak mengganggu orang lain, berikutnya adalah perlu memperhatikan pakaian, looh ada apa pakaian? Apakah harus mahal? Dan bermerek?
    Tidak perlu khawatir dengan pakaian anda yang bukan beli di mall ternama atau merek ternama, yang perlu anda persiapkan adalah  kesesuaian antara situasi dan kondisi. Contoh, anda ingin bertemu dengan orang di acara olahraga, apakah anda harus menghunakan kemeja berdasi dan jas? Maka perlu kita sesuaikan agar terkesan kita mengikuti kondisi acara yang dihadirinya.
    Dan perlu juga anda menyesuaikan dengan siapa anda akan bertemu. Bisa melihat level atau jabatan orang tersebut, atau anda bisa melihat usia orang tersebut, contoh kita bertemu usia milenal atau kolonial? Hehe. Jika bertemu usia milenial bisa kita gunakan smart casual. Nah hal ini juga bisa jadi perhatian untuk mempersiapkan pakaian yang akan kita gunakan.
    Dan sebagai catatan untuk menghadiri acara yang formal atau informal saran saya batik adalah pakaian paling aman untuk digunakan. Agar anda dinilai mengesankan dimata orang yang baru anda kenal.
    Dan kini anda memahami perlunya kita memperhatikan pakaian yang kita gunakan, agar kita dinilai orang lain mengesankan. 

    • Eye Contact
    Setelah memperhatikan penampilan, berikutnya kita manfaatkan mata kita untuk berinteraksi dengan orang baru. Looh kenapa mata? Apa siih manfaatnya? Emang buat apa?
    Ya karena kita diberi mata sebagai salah satu indra yang akan lebih cepat dalam memberi makna di setiap apa yang kita lihat dan kemudian pikiran akan memberi respon apa yang harus dilkaukan dalam diri kita.
    Nah jadi ketika berbicara dengan orang baru tatap matanya dengan antusias, dan ada trik dalam menatapnya, cukup anda menatapnya 5 detik sekali kemudian alihkan pandangan anda kepada hal lain, lalu tatap lagi mata teman bicara anda. Dan begitu seterusnya.
    Tidak hanya itu, perhatikan bola mata, karena bola mata pun bisa memberi makna secara bawah sadar, di suatu kajian dalam ilmu pemberdayaan yang saya pelajari, salah satunya NLP mata memberi makna atas apa yang dia sampaikan, jadi perlu kita memperhatikan mata teman bicara kita, senangkah kita bertemu kita atau hanya sebatas basa basi.
    Saya contohkan dengan pengalaman saya, dengan orang terdekat saya, ketika itu saya menggunakan kacamata hitam, dan pasti pergerakan mata saya tidak terlihat ketika bicara, lalu dia berkata “kaka curang Aku jadi tidak bisa lihat mata kaka”, karena dia tau pentingnya bola mata, karena bola mata akan memberi tahu kita tentang benar atau tidaknya yang disampaikan orang tersebut (teman bicara), maka dia sampaikan lah hal tersebut. Dan buat anda yang mau belajar tentang pergerakan bola mata yang ada dalam NLP bisa kirim email saja ke admin. Hehe.
    Jadi sudah tau kan pentingnya bola mata ketika berinteraksi dengan orang lain, dan perlu diingat bukan hanya pikiran sadar kita yang menilai tapi pikiran bawah sadar kita akan menilai juga.

    • Movement/Gesture/Posture
    Setelah memperhatikan penampilan dan bola mata, berikutnya kita perlu memperhatikan gerakan kita, cara kita bergerak dan cara kita berdiri atau duduk.Buat teman bicara anda terkesan dengan gesture anda.
    Ketika kita berdiri, berdirilah dengan tegak dan sesekali sedikit condong kedepan, hal ini akan di nilai kalau anda antusias terhadap teman bicara anda. Begitu juga ketika duduk duduk lah tegak lurus, kalaupun kursi yang anda gunakan ada sandaranya, sebisa munkin jangan bersandar ketika berinteraksi dengan orang baru. Agar terlihat lebih antusias lebih meyakinkan dan dipercaya.
    Tambahkan sedikit senyuman untuk menambah kesan menarik, dan untuk menghargai teman bicara anda. Dan juga banyak sekali manfaat dari senyum itu sendiri. Dan masih banyak lagi contoh gesture yang bisa dimanfaatkan dalam komunikasi dengan orang lain, Ini bukan masalah kondisi sadar atau tidak sadar teman bicara anda, melainkan pikiran bawah sadarnya yang menilai terkesan atau tidaknya dia dengan anda.

    • Knowledge
    Setelah penampilan dan gerakan tubuh, yang tidak kalah penting adalah pengetahuan, ada beberapa orang yg menyukai type teman bicara yang terlihat cerdas. Loh berarti orangnya pilih-pilih dong? Terus gimana dengan yang terlihat kurang cerdas? Jawabanya santai aja fren, bisa di kondisikan agar terlihat smart.
    Jika anda merasa kurang banyak pengetahuan dan anda ingin bertemu orang baru, maka ada tips sederhana buat anda ni.
    Yang pertama, Jika anda mengetahui value apa yang jadi prioritas utama dalam hidup calon teman bicara baru anda, contoh valuenya orang tua, anak, dan pasangan, atau yang lainya, hal itu akan lebih mudah buat anda memulai obrolan yang akan menarik, dan harus mengetahui saran-saran sederhana terhadap valuenya dan teman baru anda akan merasa terkesan dengan anda.
    Yang kedua, jika anda tidak tau value yang di prioritaskan oleh teman bicara anda, cara kedua adalah cari tau tentang hobi, dan kesukaanya, atau hal lain yg dia suka, contoh jika dia suka golf ya anda harus memahami dulu sedikit tentang golf, jika suka membaca buku maka bicara lah tentang buku baru atau buku paling di suka. Dan cara mengetahui hobinya atau yang dia suka dengan mudah adalah anda bisa lihat di social media yang dimiliki atau tanya kepada asistenya atau orang dekatnya.
    Jika cara pertama dan kedua anda tidak bisa mengetahuinya, atau tidak mudah bagi anda untuk mengetahuinya, gunakan alternative cara ketiga, beri dia pertanyaan tentang apapun, bisa hobi atau traveling dan dari pertanyaan itu anda bisa kembangkan dengan pengetahuan yang anda miliki, contoh kita bisa ajukan pertanyaan seperti ini “mas atau mba aslinya mana?” Lalu misal teman bicara kita menjawab “jogja” dan dengan sangat mudah kita kembangkan kata jogja itu dengan gudeg, bakpia atau dengan malioboro dan lain sebagainya.
    Dan cara paling ampuh terakhir adalah anda memang harus menambah pengetahuan anda sehingga meningkatkan kualitas diri anda, bisa dengan membaca buku, menonton video, atau membaca berita, internet dan lain sebagainya. Hal ini jauh lebih bermanfaat bagi anda, dari sini anda terkesan memiliki pengetahuan yang banyak, dan orang lain khususnya orang baru anda kenal akan merasa nyaman berinteraksi dengan anda. Dan bukan berarti pintar atau cerdas, tetapi kita selalu bisa menjawab kebutuhan teman bicara kita dalam berinteraksi.

  2. Orang lebih percaya kepada sosok yang dianggap otoritas.
    Loh kenapa prioritas? Emang apa aja yang bisa jadi prioritas? Sebenarnya prioritas hanya sebatas siapa butuh siapa.
    Bersyukurlah jika anda cantik atau ganteng pasti anda menjadi prioritas orang yang mendekati anda atau orang yang mau mengenal anda. Bukan hanya ganteng dan cantik aja seperti kita tim onenun.com, sosok yang kaya atau banyak uang juga menjadi prioritas loh. Tidak hanya itu, jabatan, senior pekerjaan yang lebih tinggi atau apapun yang membuat anda lebih di prioritaskan oleh orang yang baru anda kenal. 
    Dan jika tidak cantik, ganteng, kaya, dan punya jabatan, cara termudah untuk membuat terkesan dimata teman baru kita adalah manfaatkan poin pertama, sehingga anda semakin percaya diri dan mengesankan saat pertemuan pertama dengan orang yang baru anda kenal.
    Dan sekarang anda sudah tau kan rumusnya dan caranya, manfaatkan kesan pertama anda untuk di sukai oleh orang sekitar anda. Dan sekarang cara paling mudah adalah mulai praktekan hal termudah dari poin-poin yang sudah dijelaskan.
    Terimakasih.


Tinggalkan Balasan